Perkembangan perguruan tinggi di Indonesia cukup menghawatirkan dengan berbagai masalah yang melingkupi. Salah satunya adalah terkait dengan liberalisasi pendidikan yang membuat biaya pendidikan semakin tinggi. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor 4 Universitas Amikom Yogyakarta Dr. Arief Setyanto.

“Membuat kami perguruan tinggi swasta bersaing dengan perguruan tinggi swasta yang disubsidi negara, yang ini jelas tidak fine dan itu terjadi tahun ini, jumlah mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Indonesia menurun sepuluh sampai dua puluh persen, termasuk di Amikom, itu problem. Kemudian pajak, kepada institusi perguruan tinggi swasta ini juga masalah besar. Kami di swasta berusaha untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi kasar, dari jumlah dua puluh lima juta generasi muda masuk usia perguruan tinggi yang ada di perguruan tinggi hanya sembilan juta. Tetapi disisi yang lain, kami mendapatkan pengenaan pajak yang lumayan besar, yang itu akan menurunkan kemampuan perguruan tinggi swasta untuk berbenah. Hal ini termasuk dalam salah satu masalah, karena kemarin saya dengar intensifikasi dan ekstensifikasi pajak, rupanya perguruan tinggi sudah terkena ekstensifikasi pajak, mulai beberapa tahun lalu,” ujar Wakil Rektor 4 Universitas Amikom Yogyakarta, Dr. Arief Setyanto.

Cak Imin, calon presiden nomor urut satu berjanji akan memperhatikan perkembangan perguruan tinggi di Indonesia. Menurutnya masalah yang dihadapi oleh perguruan tinggi saat ini, telah masuk kedalam program paslon nomor 1.

“Nah itu nanti akan menjadi pertimbangan kita, untuk kita tata ulang, karena memang disamping tantangannya yang juga berbeda, setiap saat setiap waktu berubah begitu cepat, sehingga kita harus betul-betul adaptif terhadap tantangan perubahan. Yang kedua, ini memang rasa terimakasih negara atau pemerintah kepada perguruan tinggi swasta memang harus ada, karena mereka berkontribusi besar bagi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Karena itu, tekad kita sama, kita bersama-sama antara negara, pemerintah, dan swasta bagaimana membangun kualitas SDM kita supaya lebih unggul. Intinya begitu, visinya sama, insyaallah kita bisa bersinergi dimasa yang akan datang,” ujar Muhaimin Iskandar, calon wapres nomor urut 1.

Pada kunjungan ke Amikom, Cak Imin melayani tantangan dalam Slepet Amin yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa.

Widi, RBTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *