Kampanye pemilihan umum sudah dimulai. Seluruh parpol dan caleg mulai bersiap untuk menyampaikan visi misi mereka kepada masyarakat. Sedikit berbeda dengan ASN. Meski memiliki hak memilih, namun mereka juga diwajibkan menjaga netralitasnya dalam Pemilu.

Sekda Bantul Agus Budi Raharja mengeluarkan rambu-rambu khusus yang bisa dicermati oleh seluruh ASN di Bantul. Agus menjamin seluruh ASN di Bantul netral dalam Pemilu.

Agus Budi mempersilahkan ASN untuk menghadiri rapat umum Parpol maupun Caleg selama masa kampanye terbuka. Namun tentu ada batasan keiutsertaan ASN yang harus dipatuhi, diantaranya adalah diluar jam kerja dinas, tidak mengajak untuk memilih Parpol atau calon tertentu, tidak menggunakan atribut Parpol atau Caleg, tidak menggunakan fasilitas negara, serta melakukan intimidasi.

Meski diperbolehkan namun Agus menyarankan ASN tak menghadiri rapat terbuka. Mereka bisa mendapat informasi visi misi melalui media massa atau media sosial yang dimiliki oleh Parpol dan Caleg.

Agus Budi R, Sekda Bantul mengatakan, “tidak ikut mengajak, tidak membawa simbol simbol kemudian tidak mempengaruhi dan intimidasi dan seterusnya. Kalau hadir itu boleh tetapi diam tidak membawa atribut, sekedar untuk mendengarkan tanpa mengajak tanpa atribut saya kira tidak ada masalah. Karena ASN itu punya hak pilih, ya harus netral tapi punya hak pilih, jadi kalau punya hak pilih kan mendengarkan program kerja kan boleh, supaya kita tahu program kerja yang terbaik dari calon-calon yang ada.”

DELLY, RBTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *