Seperti inilah kondisi jalan propinsi Sentolo Brosot yang mengalami kerusakan parah sejak beberapa tahun terakhir. Ruas jalan utama yang menghubungkan wilayah kapanewon Sentolo menuju kapanewon Lendah ini diketahui mengalami kerusakan sejak tahun 2021 silam. Kerusakan paling parah nampak terlihat di sejumlah titik hampir sepanjang 8 kilometer, meliputi 4 kalurahan yakni Brosot, Bulurejo, Ngentakrejo hingga Salamrejo.

 Disamping beberapa bagian aspalnya telah mengelupas, sejumlah ruas jalan diketahui juga hancur hingga menyisakan tanah dan bebatuan saja. Banyaknya kendaraan berat bermuatan pasir yang melintas setiap hari, menjadi penyebab utama kerusakan jalan ini. Selain membahayakan pengguna jalan, hingga kerap mengakibatkan kecelakaan,  kerusakan ini juga menimbulkan polusi debu yang mengganggu aktivitas warga sekitar.

“sekitar dua tahun ada, sekitar tujuh kilo dan meresahkan sekali. Pengen di perbaiki”. Ujar Hasan, warga.

“ini jalan provinsi, penghubung dari Bantul ke Kulonprogo. Kalau bisa segera di benahi, untuk akses yang lebih baik lagi”. Ujar Sumardi, Lurah Ngentakrejo.

Selain berharap dilakukan perbaikan total dalam waktu dekat ini, warga masyarakat juga meminta pemerintah agar dapat membuat kebijakan atau regulasi baru terkait operasional truk pengangut pasir di kawasan ini. Hal ini diperkirakan guna mencegah kerusakan serupa kembali terjadi di masa mendatang.

Bagas, RBTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *