Apel satlinmas yang akan bertugas mengamankan tempat pemungutan suara, TPS ini digelar di halaman Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Apel ini di ikuti 2.598 personil yang akan bertugas di 1.298 TPS tersebar di berbagai wilayah Kota Yogyakarta.

Apel satlinmas ini dipimpin oleh PJ Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo di saksikan Forkopimda dan juga Kumisioneroner KPU.

Apel ini digelar untuk memastikan kesiapan personil yang akan bertugas pada 14 Februari 2024 mendampingi KPPS di tempat pemungutan suara.

“Memberikan apresiasi dan mempersiapan mereka, dari sisi kondisi fisiknya. Kita lakukan juga screening di puskesmas terdekat, kemudian kita juga memberikan suplemen, ada madu dan multivitamin, untuk memberikan dan menambah stamina bagi mereka. Kami juga menginformasikan dan menghimbau untuk menjaga kesehatan sebelum pelaksanaan,”ujar Singgih Raharjo, PJ Walikota Yogyakarta.

“Yang pertama untuk pengamanan pelaksanaan pemungutan suara. Kemudian yang kedua untuk menjaga netralitas, meskipun mereka memiliki hak pilih, tapi kami berharap dalam pelaksanaan petugas ini menjaga netralitas. Sehingga suasana di TPS ini dapat berlangsung dengan aman, nyaman, serta pemilu berlangsung dengan luber dan jurdil. Yang ketiga, bagi personil satlinmas yang usia senior, karena kita memang kesulitan untuk dapat merekrut personil satlinmas dalam usia yang masih muda, sehingga kita tidak membatasi hanya berdasarkan catatan ataupun keterangan kesehatan dokter, maka kemudian mereka bisa melaksanakan penugasan. Bagi yang senior, kami berharap untuk tidak terlalu ongyo dalam menjalankan tugas,” ujar Octo Noor Arafat, Kepala Satpol PP dan Satlinmas Kota Yogyakarta.

Nantinya, anggota satlinmas yang diterjunkan di setiap tps akan diisi 2 personil dengan usia beragam dan sekitar 20 persennya berusia lanjut bahkan ada yang berusia 75 tahun. Mereka akan di gaji 700 ribu perorang, dimana seluruh petugas yang bertugas ini termasuk KPPS-nya dijamin pemerintah Kota Yogyakarta mendapatkan asuransi jaminan kesehatan dan mendapatkan multi vitamin untuk menunjang kesehatannya saat bertugas.

“Pada pemilihan umum pertama Pak Harto, selalu mengikuti acara HIMAS yang juga apel besar seperti ini. Dulu apel besar di Kridosono pada tahun-tahun yang lalu. Sudah sekian tahun saya selalu mengabdi menjadi satlinmas sampai saat ini,” ujar Jarot Haryadi, Personil Satlinamas (75).

Dalam menjalankan tugasnya selain disiplin dan dapat bekerjasama dengan anggota KPPS diharapkan satlinmas yang bertugas di TPS ini dapat bersikap netral untuk menjamin kualitas pemilu 2024.

Agung Ristiono, RBTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *