Bulan Ramadhan adalah bulan di mana umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa kurang lebih selama 30 hari. Momentum yang paling di tunggu saat bulan Ramadhan adalah berburu takjil atau kuliner untuk berbuka puasa.

Banyak para pedagang yang menjual berbagai macam jenis takjil atau kuliner mulai yang hanya ada di bulan Ramadhan. Maupun kuliner-kuliner unik lainnya. Salah satu tempat yang menyajikan berbagai macam jenis kuliner pada bulan Ramadhan adalah Pasar Sore Ramadhan Kauman. Yang berlokasi di Gang Kampung Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Salah satu kuliner unik yang dapat kita temui saat berkunjung di Pasar Sore Ramadhan Kauman ialah Kue Kicak. Kuliner ini di katakan unik, karena hanya dapat kita temui saat bulan puasa saja.

Kue kicak merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan, gula, yang di padukan dengan parutan kelapa muda dan vanili, serta topping berupa potongan buah nangka dan daun pandan.

Makanan ini cocok untuk dijadikan sebagai salah satu hidangan untuk berbuka puasa, karena memiliki rasa yang manis, gurih, dan memiliki tekstur yang lembut.

Hingga saat ini Kue Kicak masih terus eksis. Karena selain memiliki rasa yang nikmat, juga harga yang relatif terjangkau. Fakta bahwa kuliner ini hanya ada di Ramadhan, membuat kuliner ini menjadi semakin special.

“Untuk komposisinya, beras ketan, gula, kelapa muda, serta menggunakan toping angka dan daun pandan. Rasanya Itu manis legit dan gurih. Bisanya juga ada yang menggunakan vanili, tapi nanti kalau pakai vanili akan menghilangkan aroma alaminya,” ujar Wahyuni, Pedagang Kuliner di Pasar Sore Ramadhan Kauman.

Queena Sephia & Safira Abon, RBTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *