Alun-alun pada dasarnya merupakan salah satu penanda dari sebuah pusat kota. Yang berupa lapangan terbuka atau halaman luas yang berumput dan dikelilingi oleh jalan dan biasanya letaknya berada di depan istana atau tempat kediaman pemimpin, seperti presiden, bupati, dan kepala desa.

Alun-Alun Purworejo adalah sebuah alun-alun atau lapangan kota yang terletak di pusat Kabupaten Purworejo. Serta merupakan salah satu yang terluas di Pulau Jawa. Luas alun-alun Purworejo adalah enam hektar dengan bentuk segi empat. disekeliling alun-alun terdapat beberapa bangunan penting seperti Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo, Gereja GPIB, KODIM, pendopo, dan kantor bupati, serta terdapat tempat kuliner yang menjual berbagai macam jenis makanan.

Gong Perdamaian Nusantara

Gong Perdamaian Nusantara

Terdapat sebuah Gong besar yang bernama Gong Perdamaian Nusantara yang di dalamnya terdapat beberapa simbol seperti peta Indonesia, simbol agama yang ada di Indonesia, logo seluruh provinsi dan logo seluruh kabupaten atau kota yang ada di Indonesia. Terdapat juga situs sejarah semacam prasasti-prasasti yang menjelaskan beberapa sejarah tentang Purworejo, salah satunya adalah sejarah alun-alun purworejo. Selain itu, di sekitar alun-alun purworejo juga masih terdapat banyak sekali dekorasi-dekorasi yang unik, menarik, kreatif, dan identik dengan kota purworejo.

Alun-Alun Purworejo di bangun bersamaan dengan Kota Purworejo berdiri, tepatnya pada tahun 1830. Awalnya, alun-alun ini di gunakan untuk keperluan latihan militer. Seiring perkembangan waktu, Alun-Alun Purworejo di alihfungsikan sebagai lapangan publik. Dahulu dekorasi-dekorasi yang ada di sekitar alun-alun purworejo seperti yang telah saya tunjukan tadi belum seindah dan semenarik saat ini. Bahkan dulu belum terdapat beberapa dekorasi-dekorasi tersebut.

Namun, dengan seiringnya perjalanan waktu pemerintah kabupaten purworejo melakukan renovasi dan inovasi terhadap alun-alun purworejo. Hingga alun-alun purworejo menjadi salah satu destinasi wisata di purworejo.

Di alun-alun purworejo biasanya saat hari biasa di manfaatkan oleh masyarakat untuk kegiatan olahraga. Seperti berlari dan sepak bola yang di lakukan pada pagi, siang, dan sore hari. Saat malam hari biasanya akan banyak orang yang berkunjung untuk menikmati suasana malam hari di alun-alun purworejo. Bahkan sekedar menikmatik makan di area kuliner di alun-alun Purworejo. 

“Alun-alun Purworejo sekarang sudah semakin bagus, banyak dekorasi-dekorasi yang menarik. Saya biasanya datang kesini waktu hari minggu untuk lari pagi atau malam hari untuk menikmati pemandangan malam hari di sini. Bahkan saya sering datang kesini hanya untuk sekedar membeli cemilan di tempat kuliner,” ujar salah satu pengunjung di Alun-alun Purworejo.

Queena Sephia, RBTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *