Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sukoharjo menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Desa Sugihan  Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Simulasi di TPS 12 Desa Toriyo tersebut diikuti sekitar 152 orang warga. Beberapa di antara mereka merupakan warga lansia atau lanjut usia.

Perlu beberapa usaha dalam mensimulasikan pemilih lanjut usia seperti pendamping dan fasilitas. Warga mengaku perlu mendapat informasi lebih lantaran pencoblosan dirasa terlalu rumit.

“Kita kan baru simulasi juga perlu pendekatan. Contohnya kalau disini kita harus diinformasikan untuk caranya, karena nanti kalau langsung ke pemilihan baru kitab isa langsung cepat gerak.” – Jelas Pardimin (Peserta simulasi).


selain itu salah satu yang menjadi sorotan dalam surat suara simulasi terdapat empat kolom gambar Paslon Capres Cawapres. Menurut pihak KPU Sukoharjo, hal ini sudah sesuai dengan arahan KPU Pusat.

“Kita sudah ada juknis terkait dengan simulasi, kita tinggal mencetak kemudian menggandakan untuk dilaksanakan pemungutan dan perhitungannya.” – Jelas Bambang Muryanto (Komisioner KPU Sukoharjo).


Kegiatan ini juga menghadirkan perwakilan partai politik pengusung masing-masing Paslon Capres Cawapres. Simulasi ini untuk memastikan pemilu berjalan lancar.

RIZKI BUDI PRATAMA RBTV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *